jejak langkah

Sabtu, 22 Agustus 2015

Anak-anak dan Pekerjaan Rumah (Bagian 1)

Sering kita dapati betapa malasnya anak-anak melakukan pekerjaan sehari-hari di rumah. beresin kasur lah, cuci piring, nyapu dan ngepel lantai de el el. Hmmm sebenarnya itu mungkin saya hehe. Tapi bisa jadi anda juga. Yah perasaan gak suka ngerjain pekerjaan itu entah dari mana awalnya datang. Saya kira itu layak kita pertanyakan. Soalnya ada lho teman saya yang hobiiiiii sekali strika. Padahal buat saya itu sangat ribet dan malesin.
Nomong-ngomong soal itu diam-dima saya perhatikan anak-anak saya yang masih usia di bawah balita semua. Hirmi 4 tahun, Hiro 2,5 tahun. Rata-rata mereka tuh kok sukanya nimbruuuung saja kerjaan orang tuanya. Selalu ingin ikut coba. Bunda masak di dapur pasti mereka minta pisau dan sayurnya buat mereka gunakan. "Aku masak Bunda...aku masak!" biasanya teriak Hiro. Saya sediri seling sekali mengalami pekerjaan rumah yang ditimbrungi anak-anak. Pernah sekali waktu Hirmi nimbrung saya waktu nyuci baju. Baju yang sedang saya bersihkan dengan bangganya dimasukan lagi ke air detergen oleh Kak Hrimi. "Cuci...cuci..." Kalau gak lihat wajah polos nan imut itu. Pasti saya sudah kalap. Mau ngantor, terburu-buru. cucian bersih dimasukin lagi kedeterjen. Gusti Allah...Sabar...sabar....Juga saat goreng telur. Mesti anak-anak suka rebutan untuk memecahkan telur dan mengocoknya di mangkok. Duh kalau sudah acara itu, siah dah deg-degan. Telur berhamburan bisa saja terjadi. belum lagi acara nangis karena rebutan garpu dan telur yang mau di kocok. alamat gak jadi makan telur deh. Hehe...
Mengalami peristiwa-peristiwa di atas saya jadi merenung sendiri. Kok anak-anak itu antusias sekali kalau lihat pekerjaan orang tuanya ya? Jadi kapan anak-anak mulai malas dan moggok melakukan pekerjaan-pekerjaan itu?
Saya coba ingat-ingat hal-hal apa yang saya lakukan jika anak-anak ikut nimbrung. Reaksi apa yang biasanya muncul saat anak-anak ingin terlibat dalam pekerjaan saya. Tak lupa juga saya amati Bunda dan Uti. (Hehehe....maaf bukanya bantuin malah jadi pengamat. Lempar suami pake sandal ). 
Jeng...jreng......Oh ternyata...betapa seringnya kita bereaksi negatif saat anak-anak mau terlibat dalam pekerjaan kita. Alasan terburu-buru, bikin kerjaan gak selesai, bikin kerja dua kali, bahaya adalah hanya sebagian kecil saja dari 1 miliar alasan untuk menolak kehadiran anak-anak dalam pekerjaan kita. 
Yah pengenya orang tua sih udah lah anak-anak tuh main saja yang lain atau nonton saja, liatin cara kerja yang bener. Nah nanti kalau udah gede dan bisa kerja bener baru anak-anak bantu yang rajin. Kalau masih balita mah....gak usah saja lah. Malah nambah-nambahin kerjaan. Itu maunya orang tua.
Masalahnya anak-anak tidak belajar dengan begitu. Anak-anak diciptakan punya rasa ingin tau yang super-super tinggi. Mereka adalah bahluk pembelajar yang paling super. Segala hal di sekitarnya selalu menarik perhatian mereka. Membuat mereka ingin mendekat, meraba, mecium, maengecap dan mencoba apa yang mereka bisa jangau. Ini adalah modal paling besar yang dianugrahkan Allah pada manusia. 
Sadar hal itu, saya jadi berpikir apa mungkin anak-anak belajar untuk membenci pekerjaan-pekerkjaan rumah itu dari sikap orang tua? Bisa jadi, sangat mungkin atau memang beigtu adanya. bisa jadi untuk pekerjaan lain juga. Sering kali pengalaman buruk pada sebuah peristiwa tertentu menghambat seseorang untuk belajar hal tersebut. Dan sebaliknya pengalaman yang sangat positif pada suatu hal sering memudahkan seorang anak untuk belajar dan mencitai hal tersebut.

To be continues


Tidak ada komentar:

Posting Komentar