jejak langkah

Kamis, 27 November 2014

Hal hal Penting Untuk Dipelajari Ayah Baru

1. Mengganti Popok

Mungkin saja istrimu terlalu lelah untuk bangun karena sudah tak tidur semalaman. Jadi jangan sampai untuk ganti popok saja kamu gak bisa. Kamu belum layak jadi ayah kalau gitu. Jangan ada alesan gak bisa. Semua keterampilan itu bisa dipelajari. Jadi selamat bagi yang sudah bisa mengganti popok. Dan bagi yang belum tidak ada kata terlambat untuk mulai belajar. Kecuali memang anaknya tidak dipakain popok kain, tapi kasihan kalau langsung popok pabrikan biasanya bayi awal jadi timbul ruam. Lagi pula popok kain memperbanyak intensitas kita menyentuh anak dengan sering gantiiin popok. 


2. Memahami bahasa bayi
Bahasa bayi cuma dua nangis sama ketawa :). Ketawa artinya bahagia dan dia baik-baik saja. Tapi nangis bisa banyak artinya. Lapar, sakit, mau dipeluk, kedinginan dll. Cari tahu apa sebabnya dan berikan apa yang memang diperlukan. Ayah harus tau itu!
3. Cara menyuapi
Ada kalanya bundanya anak-anak repot. Dan anak kita lapar. Ayah tidak boleh tinggal diam melihat situasi itu. Harus bisa lah bro menyuapi anak. Soal seluk beluk suap menyuapi anak ini gak semudah kelihatanya lho! Enam bulan pertama sih ayah bebas tugas menyuapi (khusnya yg ASI yah yg tidak perlu pakai menyiapkan susu botol karena langsung lep dari bunda hehe). Kadang anak kita susah makan. kalau sudah ini situasinya jangan sampai kita nyerah tapi juga jangan maksa anak sambil marah-marah. Malah bikin trauma. Kita harus belajar caranya agar anak kita mau makan. Tukar pikiran ma bunda, tanya-tanya teman atau belajar di internet tidak ada yang melarang. Tapi ingat yg penting praktek yaaa!!!!

4. Cara memandikan 
Kadang ayah baru takut untuk mencoba. Tapi tahukan acara memandikan bayi itu kalau sudah bisa teramat sangat asyiiiik lho. Meski kadang kalau lihat malah ngeri hehe. Takut kecebur atau terpeleset bayinya. Tapi asli ini seni yang asyik. apa lagi kalau baby kita enjoy dan tertawa-tawa. Tambah bahagia lah kita. Bunda bahagia, ayah bahagia baby juga. Jadi kalau semua bahagia kegiatan ini harus dicoba. Latihan memandikan bayi. Jangan ada alasan gak bisa, takut dll. 

5. Cara bermain bersama anak
Jangan salah! bermain bersama anak itu peting lho. Ayah baru harus siap belajar bagaimana cara bermain yang asyik bersama anak. Jangan sampai cepat bosan atau malah membosankan buat anak. Tapi jangan sampai juga membuat anak premisif apa-apa boleh. Bermain adalah waktu terpenting untuk mendidik anak-anak. Jadi pelajarilah cara bermain yang biaik dengan anak2. Insha Allah kelak mereka anak jadi anak sholih yg berbakti padamu wahai ayah :).

Hmmm...mungkin sebenarnya masih banyak yang harus dipelajari tapi bersambung ya...udah malem ni hehe :)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar